Sunday, May 10, 2015

NVIDIA GeForce GTX 970: Ujung Tombak Gaming PC Generasi Terbaru!


Sebagai salah satu platform gaming selain video game console, PC hadir dengan sejumlah keunggulan tersendiri. Dari segi hardware, PC menawarkan kebebasan konfigurasi dimana pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mereka atau dengan ketersediaan dana. Platform PC juga memungkinkan pengguna untuk menmbahkan aksesoris tambahan sehingga pengalaman bermain game dapat lebih maksimal. Sementara itu dari sisi software, PC menawarkan kebebasan pengguna dalam memodifikasi game sesuai dengan selera masing-masing.

 Di tengah semakin menanjaknya popularitas video game console generasi baru, Playstation 4 dan XBOX One, pamor PC sebagai platform gaming ternyata bukannya meredup, malah semakin bersinar. Hal tersebut dapat terlihat dari semakin ramainya developer game yang tadinya hanya berkutat pada platform video game console, kini mulai melirik PC sebagai platform gaming menjanjikan. Semakin beragamnya pilihan judul game didukung pula dengan hadirnya portal distribusi game secara online seperti Steam, Origin, Uplay, dan lainnya sehingga gamer dari seluruh dunia dapat dengan mudah mendapatkan game pilihan mereka. Selain mendapatkan dukungan dari pelaku industri game, platform PC juga didukung oleh komunitas pengguna di seluruh dunia dengan jumlah yang semakin menanjak setiap tahunnya. Menariknya, komunitas tersebut adakalanya mengadakan ajang kumpul bareng seperti saat melakukan kompetisi game atau mengadakan ajang LAN-Party.




Untuk platform PC, sejumlah developer game memberikan nilai lebih pada game mereka dengan memberikan kualitas grafis lebih tinggi dibandingkan video game console. Tentu saja hal tersebut dimungkinkan mengingat sebuah PC dapat dikonfigurasi untuk memiliki spesifikasi hardware lebih tinggi dibandingkan video game console generasi terbaru sekalipun. Dan berbicara mengenai kualitas grafis, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2014 lalu sejumlah developer game tampaknya tidak malu-malu lagi untuk unjuk gigi dalam memamerkan kemampuan mereka dalam menghadirkan kualitas grafis “next-gen”. Bahkan sejumlah judul game terbaru membutuhkan PC dengan konfigurasi hardware kelas high-end agar pengguna alias gamer dapat menikmatinya dengan kualitas maksimal. Sebut saja Assassin’s Creed Unity, Call Of Duty Advanced Warfare, Far Cry 4, Shadow Of Mordor, Watch_Dogs, dan masih banyak lagi.
Selain gameplay, kualitas grafik umumnya menjadi nilai jual utama lainnya dari sebuah game. Dan untuk platform PC, komponen bernama graphics card memegang peranan penting dalam mengolah grafis sebuah game. Sebuah graphics card harus mampu menghasilkan frame rate setinggi mungkin sehingga game tetap nyaman dimainkan, sambil tetap menghasilkan kualitas grafik terbaik yang mampu ditawarkan oleh game tersebut.

 Semakin tingginya kebutuhan akan graphics card bertenaga untuk mengolah grafis sebuah game mendorong sejumlah produsen seperti NVIDIA untuk mengeluarkan graphics card generasi terbaru mereka, GeForce GTX 900 Series. Graphics card tersebut selain menawarkan performa lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya juga menawarkan sejumlah teknologi generasi terbaru untuk membuat tampilan sebuah game menjadi semakin realistis. Saat ini terdapat dua model graphics card terbaru dari NVIDIA untuk platform PC desktop yaitu GeForce GTX 980 dan GeForce GTX 970. Dan jika Anda mencari graphics card generasi terbaru dengan rasio performa dan harga terbaik, GeForce GTX 970 adalah jawabannya.